Lampu2 ini juga dapat mendeteksi ketika sebuah mobil baru datang di suatu persimpangan. Saat itu persimpangan tersebut banyak mobil ( untuk mengontrol lama lampu), atau ketika mobol2 itu sudahhh memasuki jalur belokan ( untuk mengaktifkan lampu membelok ).
Ada beberapa tekhnologi yang dapat mendetek mobil, mulai dari laser sampai pipa karet yang diisi dengan udara. Sejauh ini tekhik yang biasa digunakan adalah Ikalan Induktif. Ikalan Induktif adalah gulungan kabel atau koil sederhana yang ditanamkan di permukaan jalan. Untuk memasang Ikalan ini, pekerja menggunakan gergaji untuk membuat alur pada lapisan aspal. Kabel diletakkan pada alur dan ditutup dengan campuran elastis.
Ikalan Induktif mendeteksi perubahan penyebab induksi tersebut. Gulungan adalah induktornya. Induktan (penyebab induksi) diatur oleh 2 faktor :
- jumlah gulungan
- bahan2 yang dililiti (intinya)
Kemudian kamu menghubungkan induktan meter dengan koil dan mengukurnya. Sekarang kamu memarkir sebuah mobil diatas koil. Induktannya akan lebih besar karena besi besar yang diletakkan di daerah lingkaran magnetik. Mobil yang diparkir di atas koil bereaksi seperti inti induktor, dan kehadirannya mengubah induktan koil.
Sensor lampu pengatur lalu lintas menggunakan ikalan dengan cara yang sama. Alat ini secara terus menerus mengetes induktan koil di jalan. Ketika induktan meningkat. berarti ada mobil yang sedang berhenti dan menunggu.
0 komentar:
Posting Komentar